Tapal Batas Sulbar Diserobot Pemprov Sulawesi Tengah?

(MEDIAPALU.com) – Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah dianggap telah menerobos tapal batas wilayah Sulawesi Barat hingga mencapai tujuh kilometer yang ditandai dengan pemindahan tapal batas yang dilakukan secara sepihak.

“Kisruh tapal batas antara Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah dan Sulawesi Barat semakin memuncak. Itu setelah pemerintah daerah Kabupaten Mamuju Utara menemukan adanya pemindahan tapal batas hingga menerobos mencapai tujuh kilometer,” kata Tokoh Masyarakat Desa Pakava, Kecamatan Bambaira, Kabupaten Mamuju Utara, Amiruddin Dahlan saat berada di Mamuju, Selasa.

Menurutnya, persoalan tapal batas dua provinsi bertetangga ini telah ditangani oleh jajaran Kementerian Dalam Negeri.

“Baru-baru ini kami selaku perwakilan tokoh masyarakat ikut mendampingi tim Kemendagri meninjau tapal batas dua daerah ini. Hasilnya, pihak Kemendagri menganggap pemindahan tapal batas secara sepihak ini tidak boleh terjadi sehingga harus dikembalikan tapal batas wilayah itu seperti semula,” katanya.

Amiruddin mengatakan, mestinya pemerintah Sulteng menghargai kebijakan yang telah ditetapkan oleh pemerintah pusat terkait tapal batas wilayah.

“Masyarakat pedalaman yang ada pada dua desa ini yakni Desa Ngovi dan Desa Ambulawa hidup dalam ketidakpastian karena persoalan tapal batas yang belum tuntas,” terangnya.

Ia mengatakan, masyarakat pada dua desa ini berharap jika memang daerahnya masuk dalam wilayah Sulbar maka mereka meminta perhatian serius dari pemerintah di Sulbar.

“Selama ini sebagian masyarakat pada dua desa ini ada yang ikut pemerintahan Kabupaten Donggala dan ada pula yang ikut dalam kendali pemerintahan Mamuju Tengah. Ini tentu merugikan masyarakat karena nyaris tak ada pelaksanaan pembangunan akibat konflik batas wilayah,” jelasnya.

Olehnya itu, kata dia, pemerintah pusat diharapkan ikut bersikap tegas dengan mengeluarkan surat keputusan terkait tapal batas dua daerah ini.

“Pusat harus mengeluarkan keputusan secepatnya terkait masalah tapal batas untuk kemudian menjadi rujukan oleh pemerintah yang ada di daerah. Apapun putusan Kemendagri maka dua daerah ini harus menghargainya,” pungkasnya. MPC-JeM/Ant

Write a Comment

Gravatars are small images that can show your personality. You can get your gravatar for free today!

Copyright © 2014 . All rights reserved. Maintained by: Thony Irawanto (TelukPalu.com)