Proyek Bandara Luwuk Lambat

MEDIAPALU.com, dilaporkan oleh; Setiyo Utomo, Palu.

Proyek pengembangan bandara Syukuran Amirudin Amir (SA Amir) Bubung Luwuk, Kabupaten Banggai, Provinsi Sulawesi Tengah (Suteng) dipertanyakan.

Menurut kepala Bandara (Kabandara) SA Amir Luwuk, Umar B. Dunggulu kepada Mediapalu.com bahwa bukti kongkrit Bandara Bubung tengah ditingkatkam tercermin lewat makin “gemuknya” anggaran yang digelontorkan pemerintah lewat APBN Murni yang tahun 2012 ini mencapai Rp.50,5 miliar. .

Nantinya, sambung Umar, setelah pengembangan bandara Luwuk dapat rampung pada tahun 2012 ini maka bandara SA Amir yang sekarang statusnya kelas III tahun 2013 akan dapat dinaikan kelasnya menjadi kelas II.

Lebih lamjut Umar Dunggulu menerangkan. ” Untuk pelaksanaan pekerjaan pengembangan bandara SA Amir Luwuk tahun 2012 sekarang sudah mencapai 90 persen lebih. Pada beberapa item pekerjaan semisal pekerjaan overlay tahap IV landasan, reinstalasi jaringan listrik, pengadaan alat bantu pendaratan, pengadaan kursi terminal dan converyor, pengadaan Acstanding di ruang tunggu 5 unit, pengadaan wheel tracktor dan VCCS, Masterclock, uhaf portable sudah hampir final. Satu-satunya pekerjaan yang masih sedikit tertinggal adalah pembuatan rambu pendaratan,” dikata per,telp, Sabtu,(24/11)/

Meski demikian Umar optimis semua pekerjaan akan dapat diselesaiakan tepat waktu. Masih menurut Umar meski fisik pekrjaan telah mencapai 90 persen lebih tetapi penyerapan keuangan baru mencapai sekitar 80 persen.

Sementara untuk pekerjaan pengembangam yang anggarannya bersumber dari APBN Perubahan (APBN-P –red) sebesar Rp.55 miliar naga-naganya akan mengalami sedikit keterlambatan. Salah satu penyebabnya karena pembebasan lahan yang menjadi tanggung jawab dari pemerintah Kabupaten Banggai terlambat untuk dibebaskan.

Bahkan proyek pengembangan bandara Bubung Luwuk hampir saja tidak dapat dilaksaakan jika Pemerintah Kabupaten Banggai terlambat dalam membebaskan lahan lokasi proyek pengembangan bandara tersebut. Maka dari itu pihak pengelola bandara sudah beberapa kali menemui pemerintah daerah untuk meminta dilakukannya pembebasan lahan dan saat ini sedang dalam tahap penyelesaian,

Agak terlambatnya penyelesaian pembebasan lahan maka kontrak proyek pengembangan bandara SA Amir yang akan segera berakhir pada akhir tahun 2012 ini kini pihak pengelola telah mengajukan perpanjangan waktu ke departemen perhubungan dan sekarang tengah diproses.

“Muda-mudahan dalam waktu yang tidak begitu lama sudah turun,” terang Umar Dunggulu. (mediapalu.com)

Write a Comment

Gravatars are small images that can show your personality. You can get your gravatar for free today!

Copyright © 2014 . All rights reserved. Maintained by: Thony Irawanto (TelukPalu.com)