Dishutbun Donggala Indetifikasi Pelaku Illegal Logging

Oleh, Yus-Deadline News, Donggala, Sulawesi Tengah.
.

ilegal-loging“Dalam waktu dekat ini, Dishutbun akan gelar sosialisasi kepada sejumlah masyarakat yang kerap ditemui melakukan penebangan hutan tanpa ada izin resmi dan menjual kepada cukong kayu, kata Kadis Dishutbun Kabupaten Donggala Anhar, S.hut., M.Si diruang kerjanya, kemaren.

Ia menjelaskan, sebelum menggelar Operasi Illegal Logging, masyarakat disadarkan melalui sosialisasi terlebih dahulu untuk menyampaikan kepada masyarakat jeratan hukumanannya. Hukuman tersebut diberikan kepada pelaku berdasarkan kriteria tindak pidana illegal logging dalam Undang-undang Kehutanan meliputi. Mengerjakan, dan atau menggunakan dan atau menduduki kawasan hutan secara tidak sah, Menebang pohon dan memiliki hasil hutan secara ilegal.

Mengangkut, menguasai, atau memiliki hasil hutan tanpa surat keterangan sah hasil hutan, Membawa alat-alat berat dan atau alat-alat lain yang patut diduga akan digunakan untuk mengangkut hasil hutan di dalam kawasan hutan, tanpa izin, Membawa alat-alat yang lazim digunakan untuk menebang, memotong, atau membelah pohon di dalam kawasan hutan tanpa izin dan Mengeluarkan, membawa, dan mengangkut tumbuh-tumbuhan, satwa liar yang dilindungi dari kawasan hutan tanpa izin.

“Dalam kasus Illegal logging, peran utamanya kerap ditemui adalah masyarakat disekitar hutan. Mengapa dia lakukan karena, kurangnya pekerjaan dan penghasilan keluarga. Padahal kalau hitung untungnya tidak sebesar jika masyarakat tersebut memanfaatkan lahannya yang masih luas, jelasnya.

Olehnya itu selaku Kadis, Anhar mengprogramkan akan melakukan integritas program dengan dinas Pertanian sehingga masyarakat kembali melirik kebunnya yang kelak hasilnya tidak kala dari penghasilan illegal logging.

“Saat ini kami mulai indentivikasi masyarakat yang kerap dijumpai melakukan praktik illegal logging. Setelah kami ketahui penyebab dan tempat mereka barulah kami menyusun program, apa yang cocok ditanam di daerahnya masing-masing,” pungkasnya. (mediapalu.com) ***

Write a Comment

Gravatars are small images that can show your personality. You can get your gravatar for free today!

Copyright © 2014 . All rights reserved. Maintained by: Thony Irawanto (TelukPalu.com)