Agustus 3, 2020

268 Wartawan Akan Ikuti Tryout UKW Yang Digelar DPP MOI -Solo Pos Institut

SHARE :
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Selasa,7 Juni 2020

Mediapalu.com , Solo — Sebanyak 268 orang wartawan anggota Perkumpulan Media Online Indonesia (MOI) akan mengikuti “Try Out” Uji Kompetensi Wartawan (UKW) yang digelar Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Perkumpulan Media Online Indonesia (MOI) bersama Solopos Institute. Kegiatan tersebut sebagai ajang pemanasan sebelum pelaksanaan UKW.

Sebelum melaksanakan Try Out tersebut, menurut Ketua Umum MOI, Rudi Sembiring Meliala kepada media, DPP MOI telah menjalin kerjasama dengan Solopos Institute untuk pelatihan Pra-UKW kepada wartawan anggota MOI, guna meningkatkan kompetensi dan profesionalisme para wartawan, meski terkendala Pendemi Covid-19.

“Dengan memanfaatkan tehnologi Video Conference Zoom, pelaksanaan Workshop Jurnalistik Pra-UKW hingga Angkatan IV berjalan lancar. Peserta yang mengikuti Pra-UKW dari seluruh Indonesia dari berbagai media online. Sampai Angkatan IV jumlah peserta terdaftar 268 orang wartawan,” tegas Rudi Sembiring

Lebih lanjut dikatakan pelaksanaan Try Out yang diagendakan akhir bulan Juli ini sebagai ajang pemanasan bagi para wartawan yang telah mengikuti Pra-UKW sebelum mengikuti UKW. Ini sekaligus untuk mengevaluasi sejauh mana tingkat penyerapan dan pemahaman peserta Workshop Pra-UKW terhadap materi yang disampaikan oleh narasumber.

“Kami berharap para peserta Pra-UKW terus memperdalam materi yang dibagikan sebelum Try Out karena hasilnya akan dapat menentukan kemungkinan berhasil dalam UKW. Selain itu yang memiliki nilai bagus dalam Try Out peluang untuk mengikuti UKW putaran pertama sangat terbuka,” tambah Rudi Sembiring.

Dalam melakukan konsolidasi organisasi, DPP MOI telah mencanangkan program peningkatan kompetensi dan profesionalisme para wartawan melalui pelatihan Pra-UKW dan UKW. Hal tersebut dilakukan agar para wartawan media anggota MOI memiliki kemampuan sebagai wartawan yang profesional, kritis dan konstruktif.

Perkumpulan MOI didirikan tanggal 27 September 2018, dengan Ketua Umum, Rudi Sembiring Meliala; Ketua Harian, Siruaya Utamawan; Sekretaris Jenderal, HM. Jusuf Rizal dan Bendahara, Hj. Candra Manggih. Selain itu MOI bersama LSM LIRA (Lumbung Informasi Rakyat) menggelar Polisi Award Promoter 2021 dalam rangka membantu pencitraan kepolisian.

Press Release.