Agustus 14, 2020

Jaga Kesiapan dan Mobilitas, Brimob Sulteng Laksanakan Technical Inspection

SHARE :
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

PALU The only easy day was yesterday”, sebuah moto angkatan laut Amerikan Serikat (US Navi Seal) layaknya tepat disematkan untuk menggambarkan cara Brimob Sulteng dalam menjaga kesiapan operasional sekaligus menjaga kualitas profesionalisme personel dalam menghadapi segala penugasan kedepannya.

Terdekat, Polda Sulteng akan menghadapi tugas pengamanan kegiatan Pemilihan kepala daerah (Pilkada) Serentak di Provinsi Sulteng yang akan dihelat pada 9 Desember 2020. Satuan Brimob Polda Sulteng sebagai pemukul utama Polda Sulteng menyatakan kesiapannya menjadi garda terdepan pengamanan kegiatan akbar ini.

Pernyataan kesiapan tersebut diwakili dengan peningkatan kualitas kegiatan rutin pengecekan pendukung kegiatan operasional, Rabu (15/7/2020). Bentuk kegiatan dimaksud adalah pengecekan kendaraan dinas baik R2, R4, dan R6 serta kendaraan taktis lainnya bertempat di lapangan mako Satbrimob Polda Sulteng.

Pemeriksaan kendaraan ini bersifat menyeluruh mulai dari pengecekan fisik, kondisi ban kendaraan, aki serta oli kendaraan, lampu rotator, sirine dan lainnya. Secara khusus, pengecekan secara lebih mendetail dilaksanakan pada kendaraan taktis besar seperti Baracuda, Wolf, Water Canon, Eod Jibom dan ransus KBR.

“Tujuan dari Pemeriksaan kendaraan ini ialah untuk mengetahui sampai dimana kesiapan kendaraan operasional Satuan Brimob Polda Sulteng, hal ini tentunya disiapkan untuk menghadapi tugas-tugas kedepan, terutama kesiapan kita dalam menghadapi pengamanan Pilkada Serentak 2020 maupun operasi-operasi lainnya. Untuk itu perlu dilakukan pemeriksaan secara rutin terhadap kendaraan operasional yang dimiliki oleh Satuan Brimob Polda Sulawesi Tengah” Ujar Kasubsidalops Siops Satbrimob Polda Sulteng Iptu Riyadi.

Selain itu seluruh personil juga diinspeksi kesiapannya secara mendetail. Seluruh kelengkapan logistik individual yang tersimpan rapi dalam ransel taktikal personal juga menjadi objek pemeriksaan. Tujuan dari pemeriksaan ini adalah untuk menjamin setiap personil benar-benar siap digerakkan kapanpun karena sudah melengkapi kelengkapan “survival” yang tersimpan pada ransel taktikal personal masing-masing

Komandan Satuan Brimob Polda Sulawesi Tengah Kombes Pol. Ronny Lumban Gaol, SIK menyampaikan kesiapan dalam menjalankan tugas harus senantiasa dijaga. Secara khusus beliau menyampaikan penekanan bahwa tidak ada ruang untuk kesalahan atau eror. Bahwa Brimob itu terlatih dan teruji melalui profesionalisme dan displin tinggi.