September 24, 2020

LPHPN Sulteng Apresiasi Atensi Kejati Usut Tuntas Dugaan Korupsi Dan Gratifikasi Jembatan IV Palu

SHARE :
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Selasa,11 Agustus 2020

MP Palu – Langkah upaya cepat penyelidikan dan penyidikan Kejaksaan Tinggi Sulawesi Tengah (Kejati Sulteng) dalam mengusut tuntas kasus perkara dugaan Tindak pidana korupsi dan gratifikasi Jembatan IV mendapat apresiasi Dewan Pimpinan Pusat Lembaga Peduli Hukum dan Pembangunan Nasional (DPP LPHPN).

Menurut Ikbal Borman selaku Sekjend LPHPN, giat tim penyidik Kejati Sulteng dalam upaya memeriksa puluhan terperiksa saksi, penggeledahan dan penyitaan sejumlah alat bukti komputer (Laktop) dan dokumen dibeberapa kantor yang terkait adalah sebagai bukti keseriusan Gery Yasid sebagai Kejati Sulteng untuk mempertahankan Sulteng sebagai wilayah bebas Korupsi.

Ia juga berharap pihak Kejati Sulteng untuk tidak tebang pilih nantinya dalam penindakan kasus yang menjadi perhatian publik tersebut.

“Kami berharap Kejati Sulteng kedepan untuk membuka kasus ini nantinya secara transparan tanpa tebang pilih. Kami inginkan Kejati Sulteng dapat menetapkan siapa saja tersangka dan aktor utama yang terlibat dalam kasus menjadi perhatian publik ini secepatnya,” tegas dan harapnya.

Diketahui sebelumnya, tim penyidik Kejati Sulteng dalam beberapa pekan terakhir terus melakukan pendalaman pemeriksaan atas sejumlah saksi dan pengumpulan barang bukti di sejumlah intansi di Kota Palu.

Pemeriksaan saksi telah berkisar 50 orang, dan ada tiga instansi yang telah menjadi sasaran penggeledahan yakni Kantor Sekretariat DPRD Kota Palu, Kantor PU, dan Kantor Bappeda. Didapatkan sejumlah bukti komputer, laktop didalamnya terdapat data – data, dokumen dan pembayaran utang jembatan IV Palu, sebagai penambahan bukti nantinya dalam penetapan tersangka.

“Kami percaya dibawah taktis Gery Yasid Kejati Sulteng dapat menyelesaikan segala kasus yang ditangani Kejati Sulteng,” Tandas Ikbal Borman.***