Rabu, 23 November 2022

MediaPalu.com, PALU – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Palu membuka layanan Kateterisasi Jantung dan pemasangan ring untuk pengobatan penyakit jantung koroner, serta layanan kemoterapi.

“Kami telah membuka layanan kateterisasi jantung sejak 18 November 2022, sebanyak sembilan pasien telah berhasil menjalani proses kateterisasi jantung dengan melakukan pemasangan ring,” kata drg Herry Mulyadi M.Kes dalam keterangan yang diterima di Palu, Rabu (23/11/2022).

Kateterisasi jantung, kata dia dilakukan untuk mendiagnosis dan menangani berbagai masalah pada jantung secara minimal invasif. Contohnya tindakan pasang ring yang mungkin sering dikenal orang sebagai prosedur untuk membuka pembuluh darah jantung yang tersumbat.

Herry Mulyadi menjelaskan, Kateterisasi jantung dapat digunakan untuk tujuan diagnostik/pemeriksaan atau terapeutik/pengobatan penyakit jantung koroner. Kateterisasi jantung untuk tujuan pemeriksaan dilakukan dengan cara memasukkan zat kontras ke dalam arteri koroner melalui kateter (semacam selang kecil) yang biasanya dimasukkan lewat arteri femoral di pangkal paha, kemudian mengambil gambar arteri koroner dengan alat DSA (digital substraction angiography).

Lanjut Herry Mulyadi, dari pemeriksaan tersebut dapat ditentukan ada tidaknya dan berat ringannya sumbatan arteri koroner serta perlu tidaknya tindakan untuk membuka sumbatan. Bila ditemukan sumbatan berat, kateterisasi jantung dapat langsung dilanjutkan untuk tujuan pengobatan, yaitu dengan pemasangan ring/stent jantung untuk membuka sumbatan di arteri koroner dan mempertahankannya tetap terbuka.

Dengan dibukanya layanan fasilitas kateterisasi jantung ini, kata dia RSUD Undata Palu semakin memantapkan komitmen untuk menyediakan kualitas pelayanan berstandar internasional tapi juga terjangkau bagi masyarakat Sulawesi Tengah.

“Alhamdulillah sejarah besar RSUD Undata Palu yang telah melakukan kerjasama dengan RSUD Harapan Kita dan RSUD Dharmais akan membawa perubahan positif bagi masyarakat penderita jantung. Apalagi kementrian Kesehatan telah mengeluarkan sertifikat utama bagi RSUD Undata Palu sebagai rumah sakit rujukan utama pasien jatung regional,” ujarnya.

Selain membuka layanan Kateterisasi Jantung dan pemasangan ring untuk pengobatan penyakit jantung koroner, sejak 18 November 2022 RSUD Undata Palu telah menambah layanan Kemoterapi. Kemoterapi merupakan salah satu jenis pengobatan yang digunakan untuk menghancurkan sel kanker yang berbahaya bagi tubuh. Ini merupakan salah satu dari banyak jenis pengobatan kanker seperti operasi dan terapi radiasi.

“Dengan demikian, masyarakat Sulawesi Tengah sendiri tidak perlu jauh-jauh ke luar Kota lain dan menghabiskan biaya besar untuk memenuhi kebutuhan pengobatan, dan Sulawesi Tengah memiliki rumah sakit yang mampu melaksanakan Kateterisasi Jantung dan pemasangan ring untuk pengobatan penyakit jantung koroner, serta layanan kemoterapi. Ini merupakan langkah besar yang sudah lama di harapkan masyarakat sulteng,” katanya.(Dhankz)

By Admin